Tutorial Unity #01 - Pro Builder (Introduction) Membuat Labirin



Tutorial ini akan menjelaskan tentang penggunaan dasar Unity yang terkait dengan fungsi Project, Scene, GameObject, Component dan Variable. Selain itu tutorial ini akan mengupas sedikit tentang penggunaan Pro Builder pada Unity.

Langkah pertama buat aplikasi baru dengan Unity dan Hierarchy Project Unity adalah sebagai berikut:

SATU PROJECT Unity, terdiri dari BEBERAPA SCENE (1-n) yang ditunjukkan pada panel Project Assets

SATU SCENE Unity, terdiri dari BEBERAPA GAMEOBJECT (1-n) yang ditunjukkan pada panel Hierarchy


SATU GAMEOBJECT Unity, terdiri dari BEBERAPA COMPONENT (1-n) yang ditunjukkan pada panel Inspector.

Dan, SATU COMPONENT Unity, terdiri dari BEBERAPA VARIABLE (1-n) yang juga ditunjukkan pada panel Inspector.


Pembuatan Level
Dalam tutorial kali ini kita akan mencoba membuat level sederhana dengan Unity. Caranya akses menu GameObject > 3D Object > Plane

Atur Plane di tengah kamera


Atur Scalenya 7,1,7

Buat material dengan cara klik kanan pada panel Assets > Material

Ganti warnanya misalnya menjadi MERAH
silakan jika ingin menambahkan warna-warna yang lain, sesuai yang kalian butuhkan dengan mengikuti cara ini lagi

Pasang Material tersebut pada Plane dengan cara drag & drop

Selanjutnya kita akan tambahkan package PRO BUILDER. Caranya? Klik menu Window > Package Manager

Cari package PRO BUILDER dan klik INSTALL
 
Setelah proses instalasi selesai, akses menu Tools > ProBuilder > ProBuilder Window


Klik icon change icon, dan pilih USE ICON MODE


Kalau tampilan menunya sudah seperti ini berarti sudah benar.



Cara membuat Cube

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CUBE
Dan Atur nilai parameter yang dibutuhkan

Atur nilai parameter yang dibutuhkan, kemudian klik Build

Disini kita kan mencoba membuat labirin sederhana dengan cube tersebut, silakan sesuaikan ukuran cube dengan plane + sesuaikan dengan labirin yang ingin dibuat, bisa juga cube yang sudah jadi untuk di copas(copy-paste).
untuk menyesuaikan panjangnya bisa kita lihat pada gambar ini.

Silakan sesuaikan kreasi labirin kalian.


selanjutnya kita membuat Arch untuk gerbang

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek ARCH dan sesuaikan ukurannya.
"Abaikan capsul dan camera"
"Abaikan capsul dan camera"

Dengan cara yang sama silakan kalian buat objek lainnya: seperti Prism, Stair, Cylinder, Door, Pipe, CONE, Sphere, dan Torus.
Selanjutnya sesuaikan dengan labirin kalian sebagai hiasaan di dalamnya, atau mungkin kalian bisa menggabungkannya dengan labirin kalian.
seperti yang telah dibuat disini, dan silakan warnai, sesuaikan.
"Abaikan capsul dan camera"
 
Selanjutnya adalah langkah yang paling penting yaitu download Zetcil Variabel Model yang merupakan bagian dari Zetcil Framework
jika sudah silakan import dari assets.


Pasang prefab VarPlay, drag and drop ke dalam stage.

Centang Mesh Rendere agar kelihatan objek dasarnya


Selanjutnya atur posisi PANDANGAN ANDA, kira-kira seperti pada Scene berikut.

Setelah itu klik GameObject MainCamera

Atur PANDANGAN CAMERA (kotak kecil - Camera Preview) agar sesuai dengan PANDANGAN ANDA (kotak besar - Scene) dan klik menu GameObject > Align With View

Catatan: Langkah ini merupakan langkah super-penting dan merupakan langkah yang akan sering anda gunakan jika melakukan desain dengan Unity. Jadi ingatlah baik-baik! Camkan!

 Oke, sekarang pandangannya sudah sama.

Jadikan Main Camera sebagai child dari VarPlay dengan drag and drop camera ke Var Play.

Untuk mencoba klik PLAY dan tes pergerakan dengan menekan tombol keyboard.

Selesai. 

Komentar

Postingan Populer