Tutorial Unity #03 - Asset Store (Introduction)
Tutorial ini akan menjelaskan tentang penggunaan dasar Unity yang terkait dengan fungsi Project, Scene, GameObject, Component dan Variable. Tutorial ini akan membahas tentang penggunaan Asset Store pada Unity.
Buka aplikasi sebelumnya yang telah dibuat menggunakan Unity. Jika anda lupa, anda bisa melihatnya kembali melalui tutorial ini.
Asset Store adalah perpustakaan asset terbesar milik Unity yang berisi beragam asset 3D/2D baik yang gratis maupun berbayar. Dalam tutorial ini, kita hanya akan menggunakan asset gratisan. Jadi anda wajib tahu cara mencarinya.
Langkah pertama ketikkan terlebih dahulu nama Assets yang akan anda cari. Misalnya, HOUSE
Setelah itu pilih price LOW to HIGH
Pilih salah satu asset yang anda inginkan dan klik DOWNLOAD
Setelah proses download selesai, selanjutnya klik IMPORT
Akan muncul dialog tambahan, klik IMPOT
Untuk menggunakan asset berupa model/objek, biasanya anda cukup mencari folder PREFAB dan mendrag langsung objek yang ada di dalamnya.
Asset yang didownload ini terdiri dari 2 objek yaitu rumah dan gentong
Klik Play untuk melihat hasilnya.
Anda juga bisa menambahkan objek lain yang sudah memiliki animasi default, misalnya Rabbit.
Klik Download dan Import
Pasangkan objek Rabbit ke dalam Scene
Untuk membuat objek beranimasi, anda membutuhkan Animator Controller. Anda dapat membuatnya dengan melakukan klik kanan pada Assets > Create > Animator Controller
Dobel klik Animator Controller
Ingat! Objek ini sudah memiliki animasi default. Hal ini dibuktikan dengan adanya folder Animations yang berisi 3 file animasi yaitu Idle, Run dan Death. Kita coba dulu animasi Idle. Drag animasi tersebut ke dalam animator.
Kemudian pasangkan Animator Controller pada kelinci
Klik Play dan anda bisa melihat sang kelinci telah beranimasi
Untuk animasi Run bagaimana? Silahkan anda coba masukan animasi Run.
Klik Play dan yup! Sang kelinci meloncat-loncat... eh? Ini animasi Run kan? Kok kelinci malah lompat-lompat? Mestinya jump kan?
Komentar
Posting Komentar