Tutorial Unity #04 - Particle Effect (Introduction)
Tutorial ini akan menjelaskan tentang penggunaan dasar Unity yang terkait dengan fungsi Project, Scene, GameObject, Component dan Variable. Tutorial ini akan membahas tentang penggunaan Particle Effect pada Unity yang di download melalui Asset Store.
Buka aplikasi sebelumnya. Untuk membuat scene ini, anda bisa membaca terlebih dahulu tutorial berikut:
Gunakan Asset Store dan carilah Unity Particle Pack 5.x
Download dan Import package berikut
Semua prefab Particle merupakan GameObject yang independen. Jadi sebenarnya logika anda terhadap visual tidak terlalu penting dan bahkan tidak ada hubungannya dalam konsep Partikel.
Smoke Effect
Prefab Smoke dapat berjalan dalam posisi apa pun. Namun jika anda pasangkan prefab Smoke pada tungku api. Maka anda akan mendapatkan kesan visual yang logis.
Klik Play dan lihat hasilnya.
Plasma Effect
Prefab Plasma dapat berjalan dalam posisi apa pun. Namun jika anda pasangkan prefab Plasma pada binatang bergerak, misal rabbit. Maka anda akan mendapatkan kesan visual yang logis.
Jadikan prefab Plasma sebagai child dari Rabbit
Klik Play dan anda baru saja membuat tandingan Pikachu
Torch Effect
Prefab Torch dapat menyala dalam situasi apa pun. Namun jika anda pasangkan prefab Torch dalam situasi malam hari. Maka anda akan mendapatkan kesan visual yang logis.
Untuk melakukannya, klik Directional Light
Putar sampai anda memperoleh suasana malam
Klik Play dan lihat hasilnya.
More Effect
Prefab ini memiliki banyak sekali pilihan partikel yang bisa anda eksplorasi. Misalnya, partikel tentang pembuatan air terjun.
Partikel tentang missile trails
Atau partikel tentang hujan. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.
Komentar
Posting Komentar