Tutorial Unity #02 - Terrain & Environment (Introduction)
Tutorial ini akan menjelaskan tentang penggunaan dasar Unity yang terkait dengan fungsi Project, Scene, GameObject, Component dan Variable. Tutorial ini akan membahas tentang pembuatan Terrain pada Unity.
Langkah pertama buat aplikasi baru dengan Unity
download dan Import Zetcil Variable Model
Download dan Import Zetcil Environment View
Tambahkan Terrain melalui menu GameObject > Terrain
Default Terrain adalah seperti berikut
Selanjutnya klik tombol Paint Terrain (Tombol ke-2) dan pilih pada combo Paint Texture
Klik Create Layer dan pilih gambar GrassHill
Jika tidak ada kesalahan tampilannya akan terlihat seperti ini
Klik Create Layer sekali lagi, dan pilih gambar Rock
Setelah anda memiliki 2 buah jenis image terrain, pilih gambar kedua dan mulailah menggambar di atas layer terrain pertama
Nah, jadinya seperti ini
Selanjutnya, pilih combo Raise/Lower Terrain
Klik pada Terrain untuk membuat gunung/bukit, dan klik Shift-Klik pada terrain untuk menurunkannya
Bangun terrainnya kurang lebih seperti ini
Selanjutnya pilih tombol Paint Trees (tombol ke-3)
Klik tombol Edit Tree > Add Tree
Cari Tree yang anda butuhkan
Dan klik sembarang pada Terrain
Lakukan hal yang sama dengan pembuatan rumput, klik tombol Paint
Details. Kemudian klik Add Grass Texture
Pilih gambar grass yang akan anda gunakan
Klik Add
Dan mulailah memasang rumput di tempat yang anda inginkan. AWAS! Jangan memasang rumput terlalu banyak
Next, kita akan membuat sebuah danau. Jadi pastikan anda mempunyai terrain yang berbentuk seperti mangkok
Ganti dulu warna dasar danau dengan coklat
Kemudian pasang prefab Water Advanced
Atur scalenya sesuai dengan kebutuhan
Tambahkan pepohonan lain sebagai pemanis
Selanjutnya, tambahkan Windzone agar pohon anda bisa bergerak
Secara default, Wind Zone sudah bisa memberikan efek angin jadi tidak perlu di edit lagi
Selanjutnya pasang prefab VarPlay
Atur posisi Scene anda kurang lebih seperti berikut
Klik Main Camera dan atur Align View nya. Ini langkah yang sangat penting. Ada yang masih ingat caranya? Bila lupa cek lagi di sini
Jadikan MainCamera sebagai child dari VarPlay
Klik PLAY dan perhatikan hasilnya. Mantap bukan?
Selesai.
Komentar
Posting Komentar